Cara Bikin Akun Facebook untuk Pemula dengan mudah dan cepat




        Saat ini Facebook bukanlah sesuatu hal yang asing lagi bagi kita dalam kehidupan sehari-hari di dunia 'perinternetan'. Sejak munculnya Facebook banyak orang yang berhasil menemukan kerabat, saudara atau teman dekatnya yang sudah sekian lama tidak bertemu, bahkan keluarganya sendiri. Di Facebook orang bebas berekspresi, tidak sedikit juga yg hanya sekedar pamer foto, video, status bla-bla-bla dsb apapun itu  kpd publik,,,hehehe,,,fesbuuuk..... Setiap hari nya ratusan akun baru berhasil dibuat, dan menambah jumlah pengguna  untuk ikut terhubung dengan teman-temannya yang lain. Tapi, masalahnya tidak semua orang bisa membuat akun Facebook nya sendiri apalagi orang tersebut sangat asing dengan yang namanya  Komputer, akhirnya dia minta pertolongan kepada teman atau orang lain untuk dibuatkan akun Facebook. 

      Bagaimana dengan anda? apakah akun Facebook anda juga tidak dibuat sendiri? Baiklah, setelah membaca langkah-langkah dibawah ini anda mungkin telah mahir dalam membuat akun baru Facebook anda sendiri. Oke, mari lanjutkan membaca ...

Pertama, anda harus punya sebuah e-mail untuk di daftarkan ke Facebook, apabila belum punya, buatlah e-mail baru. Saya sarankan untuk membuat akun e-mail dengan menggunakan Gmail dari Google. Berikut langkah-langkahnya :
  • Masuk ke www.gmail.com dengan cara mengetikkan "gmail.com" (tanpa tanda kutip) langsung pada Address bar (alamat URL) browser anda, karena kita pada umumnya adalah pengguna/user di warnet, jadi waktu yang kita pakai untuk menyewa jasa internet sangat terbatas apalagi hanya membawa uang pas2an, so kita harus serba cepat,,hehehe. Kalau anda belum tahu dimana Address bar browser anda lihat gambar dibawah ini : 
          Disini saya menggunakan browser Mozilla Firefox 
  
  • Siapkan Notepad pd komputer anda dgn cara klik Start>All program>Accesories>Notepad atau tekan tombol Windows pd keyboard>Notepad. Nantinya akan berguna untuk menyimpan semua data e-mail, password dsb apabila kita lupa. Dengan Notepad juga akan mempercepat pengerjaan kita dalam menuliskan alamat e-mail dan password dengan cara Copy-Paste saat mendaftar akun facebook. Oke, sekarang kita mulai dengan membuat akun e-mail terlebih dahulu, untuk lebih jelas lihat gambar :
  • Apabila saat pertama jendela gmail masih dalam bahasa inggris, ganti dengan menggunakan bahasa indonesia agar kita lebih paham saat mengikuti langkah-langkah untuk mendaftar :

  • Perhatikan pada bagian sudut kanan bawah browser anda yg sudah saya tandai dengan tanda panah merah, cari Bahasa Indonesia, maka tampilan akan secara otomatis me-reload/memuat ulang halaman gmail dengan Bahasa Indonesia, sekarang kita akan lebih mudah dan mengerti. Lanjut ke pendaftaran akun e-mail baru :

klik "Buat Akun" pada sudut kanan atas pada tampilan, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
  • Setelah membuat Nama Depan dan Nama Belakang,  pilih Nama Pengguna yang ingin anda gunakan berdasarkan gabungan Nama depan dan Nama belakang yg td dibuat, setelah itu simpan nama e-mail tersebut (ex: uknown@gmail.com) di Notepad yang tadi kita buka dengan cara memBlock teks ID/nama email (klik kiri>tahan>geser) yg berhasil kita buat tadi, selanjutnya Copy (klik kanan>Copy/Ctrl+C pada keyboard) >buka notepad> (klik kanan>Paste/Ctrl+V pd keyboard).
  • Sekarang kita "Buat Sandi/Password", usahakan dengan menggunakan variasi huruf dan angka supaya password kita tidak mudah ditebak oleh orang lain, biar tidak salah dalam pengetikan buat dulu di Notepad, Copy>dan Paste pd kotak kosong yg ingin dibuat Sandi/Password. Itulah mengapa kita selalu gunakan Notepad, karena dalam setiap penulisan password langsung pada bar hanya akan terlihat tanda titik-titik tebal sehingga kadang akan menyulitkan kita untuk mengingat apa yg sudah diketikkan tadi pd keyboard. "Konfirmasi Sandi Anda/ Password" : artinya kita diminta untuk mengetikkan ulang Sandi/Password yg tadi kita buat. Yah, seperti yg sudah kita lakukan sebelumnya Copas aja alias Copy-Paste, beres....hehe...
  • Selanjutnya saya tidak akan mengajarkan anda untuk mengisi Gender, Tgl, dan Tahun lahir anda karena saya anggap anda sudah bisa,,,masa itu aja juga masih di ajarin,,,,hehehe...
  • Lanjut dengan memberikan Nomor ponsel anda, karena ini sangat penting apabila nanti Tim Gmail dengan otomatis ingin meminta konfirmasi langsung dengan pengguna baru Gmail. Pastikan nomor yg anda daftarkan ada pd anda saat mendaftar.
  • Selanjutnya pd "Alamat e-mail anda saat ini" tidak perlu jika anda baru pertama kali membuat akun. 
  • Berikutnya jika anda ingin langsung verifikasi langsung melalui nomor telepon yg tadi anda daftarkan, centang kotak dengan kalimat "Lewati verifikasi ini", jika tidak langsung saja ketikkan kata-kata Captcha (huruf-huruf cetak tebal yang tidak beraturan dan kadang susah ditebak) ini saya sebut dengan kuis.
  • Centang dua buah kotak  terakhir, dan Klik "Langkah Berikutnya". Selesai.
  • Oke, sampai disini kita sudah hampir berhasil membuat sebuah akun e-mail dari gmail, apabila muncul pesan untuk mengkonfirmasi nomor yg tadi kita daftarkan dan silahkan masukkan kode yg dikirim oleh Google ke ponsel anda tentunya anda sudah menerima pesan singkat tsb terlebih dahulu, kadang butuh beberapa menit tergantung jaringan operator ponsel yang anda gunakan. 
  • Apabila sudah berhasil, berarti kita sudah dapat menggunakan e-mail tsb untuk di daftarkan nantinya di Facebook. Sekarang anda sudah mempunyai sebuah akun e-mail Gmail dari Google. Simpan data-data e-mail anda di Notepad atau di ponsel anda sendiri, karena sebuah e-mail akan sangat penting untuk keperluan2 lainnya seperti mengirim/menerima file antar e-mail. Berarti sekarang kita sudah berhasil membuat sebuah e-mail....gampang kan?hehehe....

Selanjutnya adalah mendaftar di Facebook :
  • Buka Tab baru pada jendela browser anda, ketikkan facebook.com pd Address bar yg sudah dijelaskan sebelumnya. Tapi biasanya pd komputer di warnet sudah tersimpan history Facebook, jadi kita cukup mengetikkan huruf "F" saja pasti sudah banyak terdapat history Facebook yg muncul pada Address bar kita.
  • Setelah muncul halaman Facebook saatnya kita memulai untuk pendaftaran akun baru Facebook :




  • Untuk pengguna baru Facebook kita diharuskan untuk menggunakan nama asli, karena apabila menggunakan nama yang berkarakter khusus seperti tanda @#$@@#$$#@$  dan menggunakan nama seperti "Cinta,Love,Chiby, dan nama unik lainnya otomatis akan ditolak oleh sistem otorisasi Facebook. Oke, untuk mengganti nama sesuai selera akan kita pelajari nantinya.
  • Setelah kita memasukkan semua data-data dengan benar klik "Mendaftar".
  • Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini :
  • Untuk sementara kita klik saja "Lewati langkah ini" karena disini kita diminta untuk mengundang teman melalui e-mail untuk mengikuti kita di Facebook untuk mendaftar.
  • Selanjutnya langkah kedua, dan ketiga kita juga lewati dulu :

  • Pada gambar pertama diatas adalah data nama dimana tempat kita pernah atau masih sekolah, sedangkan gambar kedua adalah foto identitas kita di Facebook yang keduannya nantinya juga akan bisa diisi melalui Profil Facebook kita dan masih banyak lagi seperti hobi, kegemaran, dsb. Klik saja "Lewati"
  • Selanjutnya yang terpenting adalah mengkonfirmasi alamat e-mail kita untuk digunakan pada akun Facebook yg baru kita buat, untuk lebih jelas nya lihat gambar :
  • Oke, sekarang kita sudah berhasil membuat sebuah akun Facebook sendiri, tapi tunggu dulu, pada gambar diatas ada sebuah pesan kalimat dengan warna latar belakang cream atau agak kekuning2an pudar yang bertuliskan "Aldi, buka yunriwati@gmail.com untuk menyelesaikan proses pendaftaran" (disini saya membuat akun Facebook dengan nama 'Aldi Saputra') Klik kotak yg bertuliskan "Buka email anda, maka secara otomatis kita akan dibawa ke halaman baru yaitu email yg sudah kita buat tadi menggunakan gmail sesuai dengan yg kita daftarkan di Facebook. Jika kita belum me-Sign Out akun email yg tadi kita buat, maka tidak perlu untuk Sign In lagi, cukup untuk memeriksa email masuk yg dikiirm oleh tim Facebook. Untuk lebih jelasnya lihat gambar lagi.... 


  • Pada gambar di atas adalah Kotak masuk pada email kita, karena email yg kita buat adalah gmail, maka sekarang tampilannya agak sedikit mengalami perubahan pada tampilan tab-tab kotak masuk yg membagi antara Umum, Sosial, dan Promosi. Karena Facebook merupakan jenis Web Sosial atau biasa disebut jejaring sosial, maka kita periksa di tab kotak masuk "Sosial", disitu akan terlihat pesan konfirmasi dari tim Facebook yg nampak pada gambar diatas yang bertuliskan "Tinggal satu langkah lagi......." klik itu, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :                         hadeehh...gambar lagi...gambar lagi....hehehe

 Sekarang klik "Konfirmasi Akun Anda" untuk menyelesaikan pendaftaran.....


 Oke, sekarang lihat hasilnya ...........


 SEKARANG ANDA SUDAH MEMPUNYAI 
AKUN FACEBOOK YANG ANDA BUAT SENDIRI


 Gimana....? gampang kan...? Hehehe..........
Semoga Bermanfaat.....Good Luck..........

    0 komentar: