Cara Print Data dari Client ke server di Warnet

        Oke,,kali ini  saya akan sedikit share tentang bagaimana cara untuk mencetak/print data dari client/user di Warnet. Pentingnya Internet saat ini sudah tidak asing lagi di kalangan remaja,anak sekolah,guru,pegawai ataupun mahasiswa, dan masih banyak lagi yang membutuhkan Layanan Internet. 
Nah, kita sebagai Pengguna/user yang sedang mencari data dan ingin mencetak sebuah file yang berbentuk Ms.word, excel, dsb tentu membutuhkan alat penyimpanan yang kita bawa sendiri dari rumah untuk dicetak di sebuah komputer server/Operator Warnet. Tapi bagaimana kalau seandainya setelah data yang kita cari ketemu dan ingin mencetak/print nya tapi kita tidak punya atau lupa membawa alat penyimpanan data berupa flashdisk, memory card dll, apalagi data itu harus langsung cetak dan tidak bisa disimpan terlebih dahulu karena berupa file yang siap cetak seperti formulir pendaftaran online yang meminta untuk langsung cetak pada komputer yang kita pakai. Baiklah tidak usah bingung, sekarang kita minta konfirmasi ke penjaga warnet/operator nya untuk langsung cetak, tapi ada juga warnet yang sudah Sharing settingan printer nya untuk bisa langsung Print dari Client, Yang belum kita tinggal bilang ke Operator nya supaya langsung print, tentunya kita bertanya dulu apakah printer nya sudah terinstall untuk di sharing ke Client, kalau belum kita sharing dulu printer server nya dengan langkah seperti dibawah ini :
Terlebih dahulu pastikan Printer pada  Komputer server sudah di sharing ke Client, jika belum ikuti setting dibawah ini :
Start > Control Panel > Printers and Faxes > pada ikon Printer : klik kanan > pilih Sharing > Share this printers > OK


Selanjutnya, pada settingan Komputer Client (Pengguna/User) Start > Control Panel > Printers and Faxes > Add printers > Add printer Wizard :

 klik Next >

Pilih > A network printer or a printer attached to another computer > Next



Browser a printer > Next


Biasanya pada sebuah komputer akan terdapat nama Organisasi sewaktu instalasi windows dengan nama MSHOME (tergantung spec windows masing2 komputer)
klik > MSHOME > Next

....tunggu beberapa saat loading... Komputer akan mendeteksi secara otomatis Printer yang terhubung antara Client - Sever melalui kabel LAN ( Local Area Network ) di warnet tsb. 

Setelah berhasil maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
 Gambar diatas menunjukkan nama sebuah komputer server/operator di warnet tsb(FIBERNET).
klik > Next


apabila muncul pesan/notice seperti gambar diatas klik saja YES, artinya komputer akan meyakinkan kita untuk menghubungkan Komputer ke Printer pada server/operator


setelah berhasil maka akan muncul notice menandakan instalasi sukses/Complete :

FINISH

Oke,,sekarang kita bisa melihat ikon printer server yang sudah bisa digunakan langsung untuk mencetak data dari komputer Client


--SELAMAT BEKERJA--
&
SEMOGA BERMANFAAT


0 komentar: